Selasa, 25 Desember 2012

TUTORIAL MENGINSTAL UBUNTU DEKSTOP 11.10


Sebelum melakukan instalasi cek dulu setingan biosnya pada bagian first bootingnya, karena ini digunakan untuk menseting booting dari PC ke Optical Drive. Setelah melakukan seting bios maka masukkan CD/DVD OS dari Ubuntu dan tunggu proses bootingnya.

Bila PC berhasil booting DVD instalasinya, akan muncul layar seperti ini. Itu tanda bahwa sedang dalam proses loading.

Lalu kita memilih bahasanya dan klik Install Ubuntu untuk menginstallnya. Bila memilih try, itu hanya untuk sekedar mencoba atau priview untuk menyesuaikan penggunanya.

Untuk downloading Updatenya tidak usah dicentang, karena nanti oada waktu installasi secara otomatis akan mendownload file updatenya. Sebaiknya file update tersebut didownload bila installasi telah selesai.
Install Third Partynya juga tidak perlu dicentang, karena itu untuk melakukan installasi file update secara otomatis bila filenya telah terdownload semua.


Ini adalah tahap untuk membuat partisi. Bisa dilakukan secara manual (Somethings Else) atau otomatis (Eraser disk and install Ubuntu). Pada kesempatan ini, saya menggunakan yang otomatis. Karena saya masih belum terlalu paham tentang partisi dalam system linux.

Setelah muncul tampilan seperti disamping, kita klik Install Now untuk memulai proses intallasi


Pada awal proses installasi, kita dimintai untuk menetukan time zone, klik time zone kota Jakarta. Lalu klik Continue untuk proses selanjutnya

Tahap ini adalah untuk menentukan layout/susunan dari keyboard yang digunakan berdasarkan daerahnya atau Negara yang memiliki ketentuan sendiri. Untuk pilihan secara umum dan digunakan secara internasional, disaran untuk tetap memilih layout yang telah terpilih secara otomatis {English (US) – English (US)} lalu klik continue

Sekarang diminta untuk membuat User Account (Akun Pengguna) sesuai form yang telah tersedia. Untuk password bias diberi bias juga tidak diberi (sesuai keinginan User). Log in auto digunakan bila saat menyalakan komputer akan langsung masuk kea kun yang telah ada. Kalau Required password to login digunakan apabila user ingin dimintai password user pada saat login ke akun. Lalu klik continue.


Sekarang kita tinggal menunggu sampai proses installasi selesai. Tanda bahwa installasi telah selesai bila kita dimintai untuk merestart komputer.

Bila pada saat membuat User Account memberi centang pada pilihan required password to login, maka akan muncul tampilan login ke desktop. Masukan password lalu tekan enter.

Inilah tampilan Desktop dari Ubuntu. Sekarang Ubuntu telah siap untuk digunakan. ^_^







Tidak ada komentar:

Posting Komentar