Selasa, 18 Desember 2012

TUTORIAL MENGINSTALL WINDOWS 7


Sebelum memulai menginstal OS (Operating System/Sistem Operasi) kita setting dulu pengaturan BIOSnya, untuk menseting bootablenya dari Optical Drive (bila menggunakan DVD OS) atau harddrive lainya (bisa dengan flashdisk).

Setelah selesai melakukan seting bios, maka PC akan melakukan Booting langsung dari CD/DVD ROMnya. Setelah DVD OS terdeteksi akan muncul layar seperti di atas lalu tekan sembarang tombol keyboard untuk melanjutkan proses instalasi. Tunggu hingga windows siap untuk melakukan penginstalnya.


Lalu akan muncul layar Starting Windows, itu menandakan bahwa Proses Instal akan segera dimulai.


 Tunggu muncul layar “Instal Windows. Jika diinginkan bisa mengatur bahasa yg digunakan, lalu klik next.

Klik “Install Now” untuk memulai instalasi Windows 7 Ultimate


Dalam ini, Windows memberi pilihan untuk memilih Windows 7 32bit (x86) atau 64bit (x64) yg akan diinstal. Pada penginstallan ini saya menggunakan yg 32bit. Lalu klik “Next”.

Pada “Microsoft Software License Terms” beri tanda centang (klik) “I accept the license terms” lalu klik Next.

Untuk pilihan penginstallan pilih “Custom (advance)”. Upgrade digunakan untuk mengupgrade Windows yg telah terinstal pada PC.

Setelah muncul tampilan seperti gambar disamping, klik “Drive Option (advance)” untuk mengatur partisi dalam Windows.

Lalu akan muncul tampilan seperti disamping. Jika ingin memberi partisi, klik “New” lalu masukkan angka untuk ukuran partisi yg diinginkan lalu klik Apply.

Setelah diklik Apply akan muncul peringatan bahwa Windows akan membuat partisi baru untuk file sistemnya secara otomatis, lalu klik OK untuk melanjutkannya.

Maka hasilnya akan seperti gambar tersebut, Disk 0 Partition 1 adalah partisi yg dibuat secara otomatis oleh Windows. Disk 0 Partition 2 adalah partisi yg telah dibuat tadi. Sorot partisi yg akan digunakan untuk menyimpan file Windows (seperti gambar disampng) lalu klik next.

Proses Instalasi Windows telah dimulai, tunggu sampai selesai. Dalam intsalasi Windows akan melakukan restart beberapa kali untuk proses install yg selanjutnya.

Setelah proses instalasi selesai, kita akan diminta untuk memberi nama pada PC kita, lalu klik next

Setelah memberi nama, Windows akan meminta password untuk Diberi atau tidak, tidak apa-apa. Karena untuk setingan ini masih bisa dirubah saat Windows telah selesai dan siap untuk digunakan. Klik Next untuk melanjutkannya.



Untuk Product Keynya, terdapat pada Label dari DVDnya.Klik Next.

Untuk Windows Protection, pilih “Ask me later”. Klik Next

Atur waktu, tanggal, dan Time Zonenya sesuai keinginan. Lalu Klik Next.


Pilihan ini digunakan untuk menentukan kegunakan Pc anda (Pribadi, Perusahaan, dan Umum) pilih salah satunya.

Sekarang, semuanya telah selesai dan Windows Siap untuk digunakan




Tidak ada komentar:

Posting Komentar